15 Cara Efektif Mengatur Keuangan Rumah Tangga - Jalanucul

15 Cara Efektif Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Halo sobat jalanucul, pada artikel kali ini mimin akan membaha cara mengatur keuangan saat sudah berumah tangga. Dalam mewujudkan rumah tangga yang serasi dan langeng, perlu kita ketahui bahwa saling mengerti satu sama lain tidaklah cukup. Namun anda juga harus mengerti bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik, terutama bagi para ibu rumah tangga yang berperan besar dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga. 


Setiap urusan makanan, dapur, sekolah, merawat anak yaitu hal lazim yang dilakukan setiap ibu rumah tangga. Untuk bisa melakukannya dengan baik, sudah seharusnya ibu rumah tangga cerdas dalam mengatur keuangan. Berikut 15 tips yang dapat anda terapkan dalam mengatur keuangan rumah tangga 

1. Kurangi Makan Diluar

Makan diluar akan menciptakan biaya hidup seakin tinggi alasannya yaitu harganya yang rata-rata mahal. Selain itu masakan di luar tidak sehat, terkotori banyak penyakit dan bakteri, apalagi masakan cepat saji, akan mempunyai materi pengawet yang membahayakan kesehatan. Ini akan berdampak jelek pada Anda di kemudian hari ketika anda harus membayar biaya perawatan rumah sakit.

Sebaiknya buatlah masakan sendiri yag diproses dengan materi alami dan lebih sehat. Selain itu harganya akan jauh lebih murah dibandingkan membeli dari luar. Agar tidak bosan anda sekali-sekali bisa menggandakan masakan dari luar yang enak, meskipun butuh biaya materi yanglebih mahal.

2. Belilah Barang Seperlunya

Sudah menjadi kebiasaan umum bahwa kaum hawa suka sekali berbelanja. Dan biasanya kalau sudah berbelanja bisa menghabiskan ratusan bahkan jutaan rupiah dalam sekali belanja. Berbelanja memang merupakan kegiatan penting yang wajib dilakukan para Ibu-ibu, namun sebaiknya jangan berlebihan, alasannya yaitu akan menciptakan Anda kehabisan uang di kemudian hari.

Belilah barang seperlunya ketika berbelanja, kalau tidak mempunyai cukup dana untuk membeli barang, sebaiknya jangan dipaksakan. Jangan lupa juga bahwa uang yang anda miliki akan terus dipakai ke depan dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Belanja sedikit-sedikit namun barangnya bisa hingga habis lebih baik dibandingkan belanja sangat banyak namun barangnya hingga terbuang-buang nantinya.

3. Menghemat pengeluaran 

Menghemat pengeluaran bisa dilakukan dengan memebli batrang sesuai keperluan ayng emangbenar-benar anda butuhkan. Selain itu anda sanggup membli barang dengan harga yang murah dengan membelinya dalam jumlah yang besar dipasar namun jangan berlebihan agr tidak perlu balik-balik ke toko yang harganya lebih mahal.

Anda juga sebaiknya menyesuaikan harga barang dengan dana yang anda miliki, kalau barang tersebut elok namun harganya mahal dan dana anda kecil sebaiknya beralih ke barang lain yang harganya lebh murah.

4. Buat Daftar Prioritas Belanja 

Prioritas yaitu mengutamakan membeli barang-barang yang menjadi kebutuhan utama yang harus dibeli, menyerupai makanan, minuman, daerah tinggal, dll. Atau bisa disebut juga barang primer, sekunder, dan tersier.

Anda sebaiknya mendahulukan barang primer dahulu sebelum membeli barang sekunder dan tersier. Setelah barang primer terbeli dan Anda masih mempunyai sisa uang, Anda bisa menggunakannya untuk membeli barang lain.

5. Lakukan Peninjauan Biaya Hidup Sehari-hari

Peninjuan keuangan sehari-hari sanggup dilakukan dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran setap harinya. Setelah itu perhatikan apakah semua barang yang Anda beli benar-benar Anda butuhkan? atau apakah ada barang yang gotong royong tidak penting ikut dibeli? Dengan mencatatnya kita mengurangi pengeluaran dengan tidak membeli barang yang gotong royong tidak diperlukan.

Selain itu anda juga sanggup menetapkan pengeluaran ketika mencatat, contohnya dengan tidak menghabiskan uang lebih  dari Rp 100.00 per hari. Ini terdengan ribet namun akan membantu dalam mengontrol pegeluaran.

6. Disiplin

Disiplin yaitu sifat wajib yang harus dimiliki setiap orang yang ingin hidupnya sukses. Kedisiplinan sanggup mencakup banyak hal menyerupai ketekunan, sempurna waktu, rajin, semuanya berjalan sesuai rencana, dll. Untuk bisa mengatur keuangan yang baik tentunya diharapkan kedisiplinan, alasannya yaitu anda bukan hanya terlibat dalam dilema keuangan sekali namun berkali-kali sepanjang hidup Anda

Untuk bisa mempunyai sifat disiplin diharapkan latihan dengan berrangkat kerja sempurna waktu, pulang sesuai jadwal, mengatur acara tersendiri untuk rekreasi, mengunakan waktu sebaik mungkin, dan lain-lain.

7. Menabung

Menabung sanggup dilakukan untuk aneka macam tujuan. Ada yang mengunakannya untuk berjaga-jagajikasuatu ketika nanti mengalami masa sulit menyerupai kecelakaan, sakit keras, rawat inap di rumah sakit, ada yang ingin membeli barang mahal menyerupai rumah, mobil, atau motor. Ada yang ingin menggunakannya untuk biaya persiapan untuk pendidikan masa depan. Apapun tujuan Anda menabung selama itu baik maka lakukan.

8. Hindari Utang

Sebisa mungkin hindarilah utang dalam membayar biaya kebutuhan sehari-hari. utang memang sanggup membantu keuangan rumah tangga ketika dimasa sulit, namun hutang bukanlah sulosi terbaik untuk mengatasi masalah.

Utang akan menjadi beban bagi siapa saja yang menjadi penerima, bunga utang yang besar akan menciptakan kita banyak memikannya. Solusi untuk mengatasi utang yaitu dengan menyeimbangkan kemampuan pemasukan Anda dengan pengeluaran.

Pastikan Anda tidak membeli sesuatu yang memang belum bisa Anda beli. Dan kalau tidak bisa menghindari utang, maka dalam sebisa mungkin lunasi segera utang tersebut.

9. Mulai Berinvestasi

Investasi lebihbaik daripada menabung. Karena uang tabungan biasanya dipakai untuk konsumsi dan jumlahnya tetap atau berkurang kalau dipakai namun berbeda halnya dengan investasi. Uang yang Anda investasikan akan bertambah terus dan bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Berivestasi tidak harus membeli barang mahal menyerupai properti, saham, atau emas membuka perjuangan toko, warung, bengkel, jualan bakso, atau membuka jasa les juga merupakan investasi, dimana modal yang anda gunakan akan terus berkembang seiring dengan bertambah majunya perjuangan anda

10. Manfaatkan Diskon atau Promo Saat Membeli

Diskon atau promo akan sangat membantu bagi siapa saja dalam memenuhi kebutuhan. Saat barang didiskon Anda bisa membelinya dalam jumlah banyak, namun dalam batas wajar. Sedangkan barang promo biasanya terjadi pada bulan awatu waktu tertentu yang terbatas, jadi anda harus pandai-pandai mencari gosip dan mengupdate gosip harian seputar barang yang akan anda beli. 

11. Cari Penghasilan Tambahan

Jika anda seorang perempuan karier dan menginginkan honor tambahan, Anda bisa menjadi pekerja lepas menyerupai jualan pulsa, menjadi penulis website, jadi guru les, reseller dan masih banyak lagi. Semua itu sanggup anda lakukan di sela-sela pekerjaan atau waktu senggang.

Selain bisa membuantu keuangan, pekerjaan sampingan menyerupai ini juga bisa menjadi penghasilan alternatif ketika anda sudah tidak bisa bekerja lagi. 

12. Kurangi Naik Kendaraan Bermotor

Ada baiknya kalau anda menghemat biaya transportasi dengan tidak memakai kendaraan bermotor atau dengan kata lain berjalan kaki sata menuju ke daerah yang dekat. Selain mengurangi polusi dan biaya, berjalan kaki juga bisa membuuat kita lebih sehat

Dengan semakin pesatnya teknologi ketika ini, kegiatan insan yang mmbutuhkan banyak gerakan menjadi berkurang, risikonya badan menjadi rentan terjangkit penakit berbahaya dan mengakibatkan obesitas. Oleh alasannya yaitu itu biasakanlah hidup sehat dengan berolahraga dan mengganti kendaraan bermotor dengan berjalan kaki.

13. Lunasi Tagihan Tepat Waktu

Tagihan biasanya mempunyai baas tertentu untuk dilunasi yang mana kalau melebihi batas tersebut akan dikenakan denda. Jika anda memang telah bisa membayar tagihan, maka segera lunasi taghan tersebut, jangan ditunda-tunda alasannya yaitu hanya akan merugikan anda nantinya. Tagihan yang sering kita temui ada bermacam-macam, menyerupai tagihan listrik, tagihan pajak, tagihan angsuran motor, tagihan angsuran rumah dll.

14. Utamakan Kebutuhan Dulu Sebelum Keinginan

Terkadang kita kesulitan membedakan mana yang termasuk kebutuhahan dan mana yang termasuk keinginan. Kedua hal ini gotong royong mempunyai perbedaan yang mencolok, namun alasannya yaitu kita mempunyai cita-cita besar lengan berkuasa maka terkadang kita mendahuukan sesuatau yang kita inginkan ketimbang sesuatu yang kita butuhkan.

Perbedaan dari kedua hal ini yaitu kebutuhan juka tidak terpenuhi maka akan mengancam keberlangsungan hidup Anda, menyerupai makan, minum, daerah tinggal, dll. Sedangkan cita-cita yaitu apapun yang anda inginkan atas dasar suka dan tertarik menyerupai ingin membeli pakaian yang bagus, membeli smartphone terbaru, membeli sepatu bola, dll.

Sudah seharusnya kita mendahulukan kebutuhan yang kalau tidak terpenuhi akan mengancam kehidupan kita.

15. Buat Target Keuangan Jangka Panjang

Setiap orang biasanya mempunyai tujuan dan sasaran utnuk kehidupan di masa depan nanti. Tujuan ini sebaiknya mulai dirumuskan semenjak dini dan dicamkan baik-baik dalam hati kiat biar bisa terwujud di masa depan nanti.

Target ini antara lain dalam 10 tahun kedepan saya harus sudah mempunyai pekerjaan tetap dan rumah sendiri, kemudian seputuh tahun berikutnya mendirikan perjuangan dan melaksanakan banyak investasi, 10 tahun berikutnya lagi saya harus sudah mempunyai mobil. Semua itu sebaiknya direncanakan dan ditarget mulai dari sekarang.

2 Responses to "15 Cara Efektif Mengatur Keuangan Rumah Tangga"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel