728x90

Sejarah You'll Never Walk Alone Chants Lagu Liverpool FC




Halo sobat Jalanucul, adakah diantara kalian seorang fans dari klub favorit dari liga premier inggris? kalo ada, disini  mimin akan membahas tentang sejarah chant You'll Never Walk Alone yang merupakan chant klub asal Merseyside Red Alias Liverpool FC.

Baiklah mimin akan jelaskan, sebenarnya lagu / chant  You'll Never Walk Alone, lagu ini diadaptasi dari seorang pria skotlandia yang bernama Gerry Marsden beserta para rekan-rekannya, ia membantu membuat You'll Never Walk Alone menjadi lagu kebesaran para suporter Liverpool di stadion, walaupun beberapa fans Liverpool mengaku bahwa merekalah yang lebih dahulu menyanyikan lagu tersebut jauh sebelum Gerry merekamnya.

Semua itu bermula saat Liverpool FC menelan kekalahan pada laga semifinal Piala FA kontra Leicester City di Hillsborough, 27 April 1963, hampir 6 minggu sebelum versi Gerry masuk ke tangga lagu. Lagu You’ll Never Walk Alone memang tidak pernah diabaikan begitu saja, sampai menunggu band Scouse merekamnya. Sebuah lagu duka untuk keluarga aktor utama di Carousel, Billy Bigelow, yang meninggal pada insiden usaha pencurian, lagu ini begitu sontak populer dan efektif sejak awal; hingga Irving Berlin membandingkannya dengan lagu Psalm 23.

Pada tahun 1956, Carousel menjadi sebuah film populer, dan lagu You'll Never Walk Alone kemudian di cover oleh Frank Sinatra, Doris Day serta Shirley Bassey, hingga akhirnya fans mengetahui lagu ini jauh sebelum Gerry memasukkannya ke daftar top 10 lagu yang enak didengarkan.

Inspirasi lagu ini bermula pada tahun 1965 saat fans Liverpool menyanyikan You'll Never Walk Alone di Wembley pada kemenangan mereka di final Piala FA atas Leeds United. Komentator TV kala itu, Kenneth Wolstenholme, menyebut lagu tersebut sebagai ‘lagu khas dari tim asal merseyside red tersebut, tak lain dan tak bukan adalah Liverpool FC’.

Lagu ini kemudian diadopsi juga oleh fans Celtic pada semifinal Piala Winners 1966 di Anfield Stadium, termasuk  fans dari raksasa Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund dan beberapa klub lainnya, tetapi 'YNWA' (You’ll Never Walk Alone) tetaplah menjadi ciri khas Liverpool. Sempat menjadi top 10 lagu jelang pertandingan kandang melawan West Brom pada 19 Oktober 1963 para fans pun bersorak sorak menyanyikan lagu ini hingga membuat para fans yang lain merinding dan terus menyanyikan chants ini. 

Dua minggu kemudian, lagu ini berada pada posisi puncak, dimana lagu ini diputar kembali sesaat sebelum kick off melawan Leicester City. You'll Never Walk Alone berada di posisi nomor satu selama 4 minggu, dan terus berada di daftar top 10 selama 9 minggu, namun hingga keluar dari 10 top tangga lagu fans Liverpool tetap terus menyanyikan lagu tersebut.




Liverpool sendiri merupakan tim dengan segudang prestasi dimana hingga saat ini Liverpool sudah mampu meraih 18 gelar Liga Primer Inggris. Terakhir kali The Reds meraih gelar tersebut adalah musim 1989/90. Tak hanya berjaya di Inggris, The Reds juga merupakan penguasa Eropa dengan catatan 5 gelar Liga Champions.

Pencapaian fantastis dan sejarah besar membuat Liverpool begitu dicintai para fans fanatiknya. Nyanyian para fans Liverpool selalu berkumandang memenuhi Anfield Stadium. You’ll Never Walk Alone menjadi lagu kebesaran Liverpool hingga saat ini.

Seperti dilansir Four Four Two, terhitung hanya ada sedikit lagu yang berhubungan langsung dengan sebuah klub sepakbola seperti halnya You’ll Never Walk Alone dengan Liverpool. Sebuah lagu kebesaran komunal yang telah bertahan lama melewati banyaknya masa sulit dan pertunjukkan dari Broadway, sebuah pertunjukkan musikal Rodgers and Hammerstein berjudul Carousel.

Rekaman yang terpopuler dari lagu You’ll Never Walk Alone adalah dengan versi pop tahun 1963 yang dibawakan oleh band asal Liverpool, Gerry and the Pacemakers. 




Stadion utama Liverpool. Anfield sendiri merupakan salah satu stadion sepakbola pertama yang memiliki DJ, serta para fans yang akan selalu bersama bernyanyi bersama chant You'll Never Walk Alone sebelum pertandingan dimulai hingga pertandingan selesai.

Baiklah sekian artikel dari mengenai sejarah chant / lagu You'll Never Walk Alone dari mimin.  Terima kasih dan semoga bermanfaat, kalo ada yang ingin ditanyakan silahkan tanyakan saja pada kolom komentar..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Sejarah You'll Never Walk Alone Chants Lagu Liverpool FC"

  1. salam liverpuldian, moga tahun ini putus puasa gelar, udah lama menunggu liverpool juara lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa iya gan semoga aja konsisten, soalnya liverpool dari dlu penyakitnya sering kena cidera pemain intinya dan ga ada backup yang sepadan..

      Delete

tengah artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel