Cara Mengatasi Hard Disk Merah di Driver C Komputer - Jalanucul

Cara Mengatasi Hard Disk Merah di Driver C Komputer


Hard Disk merupakan salah satu kategori perangkat keras atau umumnya disebut Hardware berupa ruang penyimpanan data yang terdapat pada komputer dan dapat diolah oleh tangan manusia. 

Namun, Minimnya kapasitas Hard Disk yang digunakan suatu komputer dengan olah data windows akan mengurangi kinerja dari penggunaan pada suatu komputer dalam melakukan penyimpanan data atau file.

Contohnya pada 1 Hard Disk kita dapat mengolah menjadi beberapa bagian komponen yang setiap file komponen tersebut dapat dibagi lagi menurut kapasitas yang kita inginkan (partisi). Contohnya pada gambar diatas dimana setiap drive atau local disk system memilki kapasitas yang berbeda-beda.


Pembagian yang tidak kondisional pada suatu Hard Disk komputer akan menyebabkan cepatnya penuh atau terjadi merah pada drive atau local disk. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya dan tingginya kapasitas data yang anda simpan.

Nah, bagi anda yang mengalami masalah pada komputer penyimpanan Disk penuh dapat mengikuti Trik dibawah ini yang pastinya aman untuk komputer anda.

Berikut Cara Mengatasi Hard Disk Lokal Disk C Merah atau Penyimpanan Penuh Pada Komputer

Selain dapat meningkatkan kinerja komputer, mengatasi hard disk drive atau local system yang merah dapat membuat progress menjadi lebih cepat saat sedang menjalankan aplikasi.

Dibawah ini saya akan memberikan beberapa cara dalam mengatasi local disk atau drive C:/ penuh pada komputer atau laptop yang dapat anda aplikasikan satu-satu, diantaranya :

  • Menghapus dan Membersihkan Penumpukan sampah pada drive disk komputer
  • Menghapus atau Deleted File pada Hard Disk Local atau drive C:/
  • Menggunakan Software atau Aplikasi Pihak ketiga Untuk membersihkan dan menghapus file serta sampah pada hard drive C:/ di Komputer

3 cara tersebut dapat digunakan untuk mengatasi hardisk drives C penuh pada komputer anda. Berikut penjelasan caranya:

Menghapus dan Membersihkan Penumpukan sampah pada drive disk komputer

1. Pilih Drives Lokal disk C, kemudian klik kanan, pilih Properties, klik pada bagian Menu General dan klik Disk Cleanup kemudian tekan OK



2. Tunggu beberapa saat hingga proses scanning selesai


3. Jika prose scanning sudah selesai maka akan muncul laman baru. Selanjutnya di pilihan file to delete anda ceklis semuanya lalu tekan OK terus Delete File 



Sekarang lihat hard Disk Drive C:/ pada komputer anda pasti sudah berkurang dan tidak merah lagi. Namun jika cara diatas masih belum menyelesaikan masalah silahkan ikuti cara kedua dibawah ini:


Menghapus atau Deleted File pada Hard Disk Local atau drive C:/

1. Klik kanan pada komputer dan pilih properties maka anda akan diarahkan ke Control Panel



2. Pada deretan menu yang ada dikiri atas pilih System Protection



3. Dihalaman pengaturan Protection, klik Local Disk atau Drive C lalu Configure



4. Setelah langkah 3 selesai maka akan muncul laman baru selanjutnya klik delete.



5. Biasanya akan muncul tanda peringatan backup pilih saja Continue



Jika cara kedua ini masih tidak work silahkan melanjutkan cara ketiga dibawah ini:

Menggunakan Software tambahan Untuk membersihkan dan menghapus file sampah di hard drive C:/ di Komputer

Cara yang terakhir untuk mengatasi Hard Disk penuh adalah dengan mendownload aplikasi layaknya android jika membersihkan atau menghapus file. Software rekomendasi dari mimin adalah CCleaner.

1. Pertama-tama Download Aplikasinya di CCleaner Download lalu install
2. Setelah installasi selesai silahkan buka aplikasi CCleaner tersebut
3. Pada tampilan Home Pilih Cleaner
4. Selanjutnya Klik Analyze dan jika ada peringatan laman browser yang muncul klik saja NO
5. Kemudian Klik Run Cleaner dan tunggu hingga proses selesai



Jika cara diatas telah anda gunakan dan berhasil maka hasilnya akan seperti pada gambar seperti dibawah ini, (tidak merah lagi)

Namun apabila cara diatas telah anda lakukan namn tidak terdapat perubahan minin sarankan untuk Uninstall Aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan agar dapat memberi tambahan ruang kapasitas pada Drives C.

Demikian artikel dari mimin untuk cara mengatasi Hard Disk Lokal disk C penuh atau merah pada komputer windows yang dapat saya jelaskan. Semoga bermanfaat, share dan koment apabila berkenan.

0 Response to "Cara Mengatasi Hard Disk Merah di Driver C Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel