5 Manfaat Tanaman Kedondong Untuk Kesehatan - Jalanucul

5 Manfaat Tanaman Kedondong Untuk Kesehatan



Daun kedondong dipercaya dapat mengatasi beberapa jenis penyakit. Kedondong adalah tanaman yang berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Tanaman ini berasal dari famili Anacardiaceae yang telah tersebar ke seluruh daerah tropic. Tanaman kedondong banyak ditanam di kawasan Asia Tenggara. Di negara Filipina merupakan salah satu wilayah yang menjadi sentra penanaman kedondong unggul yakni jenis Spondias purpurea L. Sedangkan di Indonesia, penghasil kedondong salah satu diantaranya berada di Karimunjawa-Jepara-Jawa Tengah.

Tanaman kedondong memiliki batang kayu (lignosus), berbentuk bulat, bentuk percabangan batang simpodial dan arah tumbuh tegak. Kedondong berakar tunggang dan berwarna coklat tua. Buah dari tanaman ini memiliki biji bulat dan berserat kasar, termasuk buah dengan jenis buni, warna saat muda hijau sedangkan saat sudah tua akan berubah menjadi kuning kehijauan.

Daun muda kedondong dapat dijadikan bumbu penyedap pada masakan, bisa juga dikukus sebagai lalapan. Buahnya bisa dimakan, biasanya dijadikan sebagai campuran rujak ataupun manisan.


Apa Manfaat Tanaman Kedondong?

1. Meredakan batuk.

Tanaman kedondong tidak hanya bisa menghilangkan rasa kantuk loh. saat kita batuk, kita dapat minum air perasan kedondong. Kita hanya memerlukan 3-4 kedondong yang dikupas dan diparut. Kemudian, peraslah kedondong yang sudah diparut tersebut. Sebaiknya, air perasan kedondong ini diminum sebanyak 2 kali sehari ya.

2. Meningkatkan imunitas di tubuh dan menangkal radikal bebas.

Kedondong ternyata juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi loh, diantaranya adalah kandungan vitamin C dan vitamin A. Kamu pasti tahu banget kan kalau vitamin C baik untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Wah, tepat banget ya buat kita yang banyak aktivitasnya. Gak cuma itu aja loh, vitamin A pada kedondong juga mampu menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan munculnya penyakit seperti kanker.

3. Mencegah munculnya anemia.

Buat kamu yang punya masalah dengan anemia, kamu juga bisa nih mengatasinya dengan mengonsumsi buah kedondong. Kedondong memiliki kandungan zat besi yang pastinya bagus banget untuk meningkatkan kandungan darah pada tubuh kita. Selain itu, zat besi juga bagus untuk mempercepat proses penyembuhan luka kita.

4. Mengobati luka terbuka di kulit atau borok dengan daun kedondong.

Selain kulit batang pohonnya, ternyata daun kedondong juga bermanfaat loh jika ada bagian tubuh kita yang luka ataupun borok. Kita cukup menumbuk beberapa lembar daun kedondong. Setelah luka dibersihkan, tempelkan daun kedondong yang sudah ditumbuk pada bagian tubuh kita yang luka atau borok selama satu jam. Daun kedondong akan mendinginkan luka kita dan juga membunuh kuman-kuman sehingga kita terhindar dari infeksi.

5. Meredakan gejala diare dengan minum air rebusan kulit batang pohon kedondong.

Nah ini salah satu keuntungan jika ada pohon kedondong di rumah kita. Yup kita bisa jadiin kulit batang pohon kedondong sebagai obat diare. Caranya simpel saja kok, kita cukup memotong kecil-kecil kulit batang pohon dan merebusnya sampai mendidih. Setelah itu, saring airnya dan tunggu hingga dingin.

Secara pengobatan tradisional, daun kedondong juga bisa digunakan sebagai obat borok, luka terbakar dan luka perih karena memiliki sifat mendinginkan dan membunuh kuman.

Sekian informasi mengenai manfaat daun kedondong. Semoga bermanfaat

0 Response to "5 Manfaat Tanaman Kedondong Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel