Cara Menggunakan Hero Claude dan Build Item Terbaiknya - Jalanucul

Cara Menggunakan Hero Claude dan Build Item Terbaiknya


Pada akhir season 8 ini, Game Mobile Legends menghadirkan hero bertipe marksman baru di advance server yaitu Claude. Hero yang memiliki rekan monyet kecil (partner in crime) bernama Dexter ini uniknya adalah apabila basic attack yang Claude hasilkan maka Dexter (si monyet) juga akan mengeluarkan basic attack yang damage nya jauh lebih kecil, disinilah kelebihan dan ciri khas utama dari Claude, dengan memahami bahwa ia bisa mengeluarkan 2 basic attack dalam sekali serang, maka kita bisa mengkombinasikannya dengan berbagai item dan spell untuk memaksimalkan potensi hero ini di pertandingan, bila build item yang digunakan tepat, maka akan dengan mudah mendominasi setiap pertarungan pada phase late game.

Menurut mimoin hero ini  cenderung OP terutama pada phase mid-late game, bisa jadi ia akan  mengalami berbagai balancing (buff and nerf) sampai nantinya rilis di original server, dari pengalaman ane memainkan hero ini memang Claudemeta hero dan salah satu marksman terkuat di game ini. Sekarang kita akan bahas bagaimana cara main hero Claude dimulai dari penjelasan keunggulan dan kelemahannya terlebih dahulu.

Kelebihan Claude:

  1. Merupakan Marksman dengan burst damage yang sangat sakit, karena ia bisa mengeluarkan 2 basic attack sekaligus, sehingga kita bisa membombardir semua musuh di area dengan basic attack + efek skill dari item.
  2. Hero yang skill 2 nya bisa memunculkan bayangan seperti hologram yang berbentuk monyet (Dexter) dan menyerang musuh di sekitar ini dapat kita gunakan untuk mencicil darah musuh secara aman dan terlebih kita bisa bertukar posisi dengan bayangan hologram tersebut untuk mengecoh musuh, bisa juga digunakan sebagai ekstra mobilitas saat kita mengejar atau kabur dari gank lawan.
  3. Sangat efektif untuk menjadi hero war, melawan banyak musuh sekaligus, kekuatan utama Claude adalah pada paduan kombinasi dari skill pasifnya, skill pasif item, spell inspire, dan skill ultimate, jika digunakan dengan momen yang tepat maka ia bisa langsung membunuh semua lawannya dalam sekejap termasuk hero-hero keras seperti tank dan fighter.
  4. Attack speed & movement speed stealing, dengan skill 1 nya ia bisa mencuri kecepatan gerakan dan serangan musuh, skill ini tentu sangat berguna untuk farming, membersihkan wave minion yang ada, dan terutama saat tim war.

Kekurangan Claude:

  1. Lemah di early-mid game, bergantung pada build item untuk bisa maksimal dalam permainan, bahkan skill ultimate nya pun tidak berguna tanpa adanya item yang memiliki skill pasif untuk memberikan bonus damage, so jangan sampai salah-salah build item saat menggunakan hero ini. Selain itu hero ini cenderung lelet saat farming karena skill-skillnya (termasuk skill 3) tidak begitu signifikan sampai kita membeli setidaknya 1 core item, jadi kita akan butuh waktu cukup lama untuk bisa farming dan naik level.
  2. Sangat bergantung pada skill pasif item, yang membuat hero ini spesial adalah kemampuannya dalam memberikan basic attack bertubi-tubi walaupun damagenya kecil, jadi kita akan lebih mengandalkan bantuan damage dari skill pasif item untuk bisa menyerang secara efektif.
  3. Rentan di CC, saat kita menggunakan skill ulti maka tentu kita harus mencoba mengenai sebanyak-banyaknya musuh yang ada di sekitar, namun hal ini bisa menjadi blunder kalau posisinya tidak tepat seperti ada hero CC dan damager jarak jauh (seperti Lesley/Layla misalnya), skenario terburuk yang akan terjadi adalah kita akan terkena stun/crowd control sehingga tidak bisa bergerak dan jadi sasaran empuk para hero long range musuh, jadi jangan asal main hajar ketengah-tengah tim musuh saat sedang teamfight/tim war 5 vs 5.


Mungkin kalian bingung dengan gambar item ke-3, ini adalah item baru “Golden Staff” yang sampai sekarang (awal Juni 2018) baru ada di advance server saja, kemungkinan besar item ini akan muncul sebelum hero Claude rilis di original server, jadi ane masukkan item ini kedalam tips item build Claude disini.



Golden Staff ini memiliki efek skill pasif bernama “Endless Strike”, intinya setiap 2 basic attack yang kita keluarkan maka basic attack selanjutnya akan dihitung sebagai 2 basic attack (damage tetap 1 basic attack), jadi basic attack ketiga kita akan mentrigger 2x efek basic attack, ingat yang ditrigger hanya efeknya saja bukan damagenya, tentu item ini akan sangat berguna bagi para hero yang memerlukan stack basic attack seperti Miya, Helcurt, Karrie (ini adalah item terbaik untuk Karrie), termasuk Claude.

Bahkan item ini juga bisa membantu trigger item lainnya seperti Demon Hunter Sword



Nah Demon Hunter Sword ini adalah core itemnya Claude yang paling krusial, karena damage terbesarnya datang dari skill pasif item ini, dengan item ini kita bisa memberikan tambahan damage 10% dari sisa HP musuh sebagai physical damage, item ini sangat efektif digunakan melawan hero-hero yang darahnya tebal seperti tank terutama Hylos, jadi item ini sebaiknya kita beli pertama kali (setelah item sepatu).

Build Claude kurang lebih sama seperti tips item build Miya, kita cukup fokus pada attack speed dan physical damage setinggi-tingginya, bisa anda lihat pada ss berikut untuk rekomendasi buildnya..


Core item utama Claude adalah Demon Hunter Sword dan Golden Staff, dimana 2 item ini merupakan item penting untuk attackspeed, selanjutnya silahkan build physical damage dan item-item kritikal, Gunakan item Deadly Blade jika pada musuh terdapat healer dan hero-hero dengan lifesteal yang tinggi.
Build item diatas adalah yang menurut ane paling recommended, kamu bisa mencoba berbagai build item lain yang menurutmu lebih cocok dengan gaya mainmu, tapi menurut ane tetap yang terpenting belilah 2 core item diatas secepatnya untuk memaksimalkan hero ini sebaik mungkin.
Battle spell yang paling cocok untuk Claude adalah Inspire, Retribution dan Flicker.

Gunakan Inspire untuk mempercepat trigger basic attack dan bisa juga dikombinasikan dengan skill ultimate, spell ini adalah yang paling bagus dan recommended untuk Claude.
Gunakan Retribution untuk cepat ngutan dan naik level, mengingat Claude cukup lama untuk urusan farming, maka spell ini sangat-sangat membantu pada phase early-mid game sehingga kita bisa membeli core item secepat mungkin.
Gunakan Flicker kalau kamu ingin main aman.
Untuk emblem kita bisa gunakan Common Physical atau Custom Marksman emblem.

Waspadalah dengan hero musuh yang bisa memberikan crowd control dan serangan jarak jauh, sebelum engage dan menyerang dengan skill ultimate sebaiknya hati-hati dengan 2 jenis hero diatas.
Fokuslah untuk farming pada awal game sampai item core pertama (Demon Hunter Sword) terbeli, rajinlah untuk roam membantu line atas atau bawah tim anda, Jika item core kedua telah jadi (Golden Staff) barulah kita bisa mulai main agresif dan push tower, pada momen ini Claude sudah bisa memberikan damage DPS yang sakit dan kombinasi skill ultimate nya (+ inspire) akan sangat mematikan.
Gunakan skill 2 untuk poking musuh dari jauh, bisa juga digunakan untuk push tower dan memancing musuh saat sedang bertahan, manfaatkanlah efek swap (tukar tempat) skill 2 ini untuk mengecoh musuh terutama saat teamfight dimana kita sebagai marksman sering menjadi sasaran utama, dengan skill ini kita bisa mengambil jarak untuk bermain lebih aman sambil tetap memberikan damage pada tim lawan.
Tetaplah bermain dengan aman dan bergantung pada tim, walaupun skill ultinya seperti mengundang nafsu kita untuk main barbar (asal hajar 1 vs 5), namun tanpa perhitungan yang tepat kita cuma akan mati konyol dan gampang terciduk oleh tim musuh, kalaupun mau 1 lawan banyak pastikan level dan gold/item kita jauh lebih tinggi.
Rajin-rajinlah tonton video pro Claude user atau live streaming top global Claude player untuk menguasai hero ini dengan lebih baik lagi.

1 Response to "Cara Menggunakan Hero Claude dan Build Item Terbaiknya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel