Trik Jitu Mengerjakan Ujian CAT CPNS 2018 - Jalanucul

Trik Jitu Mengerjakan Ujian CAT CPNS 2018


Jalanucul - Pada artikel kali ini, mimin masih akan membahas tentang trik dalam pengerjaan ujian Cat CPNS 2018. Pengerjaan Ujian Cat CPNS 2018, selain diperlukannya pengetahuan, kita harus dapat memaksimalkan segala kesempatan yang ada, agar saat mengerjakan soal Cat tersebut, kita tidak membuang waktu dengan sia-sia, nah langsung saja kita simak, trik saat pengerjaan ujian CAT Cpns 2018 ini 

1. Mendahulukan soal Karakteristik Pribadi.
Di dalam TKD ada 3 jenis soal yaitu Tes Intelejensi Umum, Tes Wawasan Kebangsaan, dan Tes Karakteristik Pribadi. Dalam hal ini disarankan agar kamu mengerjakan soal Karakteristik Pribadi terlebih dahulu untuk memanen skor. Kerjakan saja semua jangan ada yang ditinggalkan, jika bisa dalam sekali baca langsung saja jawab, jangan diulang-ulang agar tidak menghabiskan waktu. Selain itu mengerjakan soal karakteristik pribadi sangat cocok buat pemanasan untuk menjawab soal yang lain, misalnya mengerjakan soal hitung-hitungan langsung mungkin saja dapat memancing otak kita belum panas.

2. Urutan mengerjakan tes TKD dan waktu pengerjaan TKP (15-20) menit, TWK (20-30) menit, TIU (40-45) menit. jadi jangan terlalu lama dalam membaca soal, apabila Jawab semua soal.
Meski kamu nggak tahu jawaban dari soal yang ada di depan kamu, sebaiknya kamu menjawab semua soal tanpa kecuali, entah kamu tahu jawabannya atau tidak. Alasannya adalah tidak ada nilai minus jika kamu salah dalam menjawab soal, sementara jika satu soal dibiarkan kosong maka akan mendapat nilai minus. Jadi, usahakan diisi semua ya.

Baca juga => Penasaran Dengan Soal CAT CPNS 2018? Yuk Download Modul Simulasi CAT CPN 2018 Berikut!

3.Trik jawab asal Jika kamu mentok dan nggak tahu jawabannya, 
ada trik yang bisa kamu lakukan. Misalnya kamu tak tahu jawaban dari 5 soal, maka caranya adalah kamu bisa memilih C untuk semua soal itu. Kenapa mesti jawab satu opsi untuk semua? Ini hanya untuk meningkatakan kemungkinan mendapat nilai. Semua soal pasti memiliki jawaban dari A,B,C,D, dan sangat jarang ditemukan soal dengan jawaban yang sama 2 kali berurutan. Kemungkinan untuk mendapat nilai pada kelima soal tersebut meningkat minimal mendapat nilai pada satu soal dari kelima tersebut.

4. Menghapal nama kabinet tiap presiden
Selain tes karakteristik pribadi, ada tes lain yaitu wawasan kebangsaan. Untuk tes kebangsaan lebih baik kamu persiapkan dengan menghapal nama-nama kabinet setiap presiden, karena soalnya kebanyakan mengenai Indonesia pada saat tahun 90an ke bawah.Jadi kamu harus banyak-banyak belajar tentang Indonesia di masa tahun 90an ke bawah.

5. Memaksimalkan waktu
Soal Tes Kompetensi Dasar terdiri dari 100 soal dengan waktu 90 menit. Itu artinya kamu punya waktu tidak sampai 1 menit untuk menyelesaikan 1 soal. Sebaiknya untuk soal seperti Antonim atau Sinonim langsung kamu jawab saja setelah membaca soalnya, hal ini dilakukan agar tidak menghabiskan waktu. Sementara untuk soal hitungan, belajarlah trik mengenai persentasi, aljabar, persamaan, atau hitung cepat. Tapi yang penting, janganlah keluar dari ruangan ujian sebelum waktu ujian berakhir. Maksimalkan seluruh waktu yang ada untuk memeriksa jawaban anda. Siapa tahu, ada jawaban yang salah dan bisa diperbaiki. Tidak perlu gusar ikut-ikutan teman yang sudah duluan keluar. Toh, hasil ujian juga akan langsung terlihat begitu anda meng-klik tombol “selesai ujian”.

6. Kerjakan ujian dengan jujur
Jangan berharap anda bisa mengerjakan ujian dengan mengandalkan bahan contekan apalagi joki. Lupakan dan buang pikiran tersebut jauh-jauh. Jangankan untuk berbuat curang, untuk izin ke WC saja anda akan berpikir dua kali. Ruangan ujian sudah dilengkapi dengan CCTV sehingga pengawas ujian bisa mengawasi ujian meski tidak di tempat. Ditambah lagi, soal ujian yang banyak dan rumit akan membuat anda berkutat penuh di depan komputer hingga selesai.

7. Tenang saat menghadapi ujian
Ini juga faktor yang sangat menentukan. jangan sampai anda Grogi dan panik saat menghadapi ujian adalah hal yang lumrah. Tapi, jangan sampai karena terlalu grogi membuat anda sulit berpikir dan melupakan semua hal yang telah anda pelajari. Tenangkan diri saat akan menghadapi ujian. Mungkin, dengan berdoa bisa meredakan diri anda.

Jumlah waktu yang disediakan selama 90 menit untuk 100 soal, cukup memadai bagi para peserta yang sudah menyiapkan diri sebaik-baiknya. Perhatikan hal-hal kecil yang bisa merusak konsentrasi dalam menjawab soal TKD CAT. Misalnya, jangan salah kostum karena sudah ditentukan.

Selain itu, jangan sampai lupa membawa kartu identitas pribadi, kartu pendaftaran dan syarat-syarat administratif lainnya yang sudah ditentukan sebelumnya.

Dan satun lagi hal yang perlu anda perhatikan adalah datanglah ke lokasi pelaksanaan tes setidaknya 30 menit sebelum tes dimulai. Kalau terburu-buru datangnya, bisa mengganggu persiapan dan konsentrasi kalian ya

Baik sekian artikel dari mimin kali ini, Semoga Sukses😁


0 Response to "Trik Jitu Mengerjakan Ujian CAT CPNS 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel