Benarkah Robot Akan Menggantikan Pekerjaan Manusia Di Masa Depan? - Jalanucul

Benarkah Robot Akan Menggantikan Pekerjaan Manusia Di Masa Depan?



Halo sobat jalanucul, seperti biasa, pada artikel kali ini mimin akan membahas artikel tentang Robot yang akan menggantikan Manusia Dimasa Yang akan datang. Perkembangan tehnologi yang semakin maju hampir membuat sesuatu yang tak mungkin menjadi mungkin, salah satunya adalah robot, percaya atau tidak percaya,  Robot Mesin pada suatu hari nanti akan dapat melaksanakan tugas manusia. Peluang mesin untuk mampu mengambil alih semua pekerjaan manusia dalam waktu 120 tahun tercatat sebesar 50%.

Dunia secara luas sedang berada dalam puncak dari revolusi industri keempat, dengan mesin - mesin yang akan bersaing mengerjakan banyak tugas yang saat ini dikerjakan oleh manusia, dan barangkali mesin justru lebih baik melakukannya.

Dengan Revolusi pada masa yang akan datang bukan tidak mungkin robot akan mampu melakukan pekerjaan manusia dengan lebih cepat, sehingga akan berdampak pada layanan yang lebih murah dan muncullah pertanyaan pertanyaan untuk kita semua: kapan mesin dapat mengerjakan pekerjaan saya dan bahkan mampu menggantikan pekerjaan saya?

Tidak ada jawaban yang pasti namun para peneliti utama dalam bidang kecerdasan buatan atau AI mencoba mencari tahu. Katja Grace seorang peneliti di Lembaga Masa Depan Kemanusiaan di Universitas Oxford, Inggris bersama rekan - rekannya di proyek yang diberi nama AI Impacts (atau Dampak AI) melakukan penelitian bersama Lembaga Penelitian Mesin Cerdas.

Mereka Menyurvei 352 ilmuwan dan menghimpun jawabannya untuk memprediksi berapa lama waktunya bagi mesin untuk bisa mengungguli manusia dalam melaksanakan beragam tugas. Sejumlah ahli terkemuka di dunia dalam bidang mesin yang bisa belajar termasuk yang mereka hubungi, antara lain Yann LeCun Direktur Riset AI di Facebook Mustafa Suleyman from di perusahaan AI milik Google dan Zoubin Ghahramani, Direktur laboratorium AI di Uber.

Kabar  baiknya adalah banyak dari kita yang mungkin akan tetap aman untuk bekerja dalam beberapa waktu mendatang. Para peneliti memperkirakan peluangnya adalah sebesar 50% saja bagi mesin untuk mampu mengambil alih semua pekerjaan manusia dalam kurun waktu 120 tahun.

"Salah satu kejutan besar adalah prediksi yang lambat secara menyeluruh," ujar Grace.
Tugas sangat rumit bagi sebuah mesin "Saya berharap bahwa dengan proses yang menakjubkan dari mesin yang bisa belajar dalam beberapa waktu belakangan, ditambah lagi dengan fakta bahwa kami hanya berbicara dengan para ahli untuk mesin yang bisa belajar itu, maka perkirakan yang dibuat akan lebih awal."

Berikut dari survei yang dilakukan, mesin mampu melipat baju yang baru dicuci pada tahun 2021. Mesin yang bisa melipat baju sebenarnya sudah ada karena para ahli robot di Universitas California, Berkeley, AS, mengembangkan sebuah robot yang dengan rapi bisa melipat jin dan kaos oblong.

Robot itu memerlukan waktu lebih kurang 19 menit untuk mengambil, memeriksa, dan melipat satu handuk pada tahun 2010. Namun dua tahun kemudian, robot itu bisa melipat satu jin dalam waktu lima menit dan satu oblong dalam waktu enam menit lebih. Yang lebih mengesankan adalah robot bahkan bisa memasangkan kaus kaki dengan benar.

Namun terlepas dari kemajuan ini, diperlukan beberapa waktu lagi sebelum robot bisa menggantikan manusia dalam pekerjaan di bidang itu. "Saya agak ragu dengan beberapa kerangka waktu yang diberikan untuk tugas yang melibatkan manipulasi fisik," tandas Jeremy Wyatt, guru besar robotik dan kecerdasan buatan di Universitas Birmingham.

"Satu hal adalah melakukannya di laboratorium dan hal yang berbeda bagi robot untuk bisa melakukan pekerjaan yang bisa diandalkan di dunia nyata lebih baik dari manusia." Melakukan pekerjaan fisik atas objek - objek di dunia nyata mengetahui apa yang harus di lakukan dan bagaimana melakukannya dalam lingkungan yang berubah dan acak merupakan tugas yang sangat rumit bagi sebuah mesin. Pekerjaan yang tidak melibatkan manipulasi fisik akan lebih mudah diajarkan. Nah kita sebagai manusia ada baiknya berfikir untuk mengembangkan skill apa yang tidak akan bisa digantikan oleh robot bahkan secanggih apapun robot itu, hehe

Sekian artikel dari mimin tentang Robot yang akan menggantikan peran manusia di masa yang akan datang, semoga bermanfaat dan terimakasih

0 Response to "Benarkah Robot Akan Menggantikan Pekerjaan Manusia Di Masa Depan?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel