Kisi-Kisi Tes SKD CPNS 2018 - Jalanucul

Kisi-Kisi Tes SKD CPNS 2018


Halo sobat jalanucul jumpa lagi dengan mimin yang udah lama ga nulis artikel, kali ini mimin akan membahas artikel yang lagi trend, yap apalagi kalo bukan bulannya pendaftaran cpns yang lagi heboh-hebohnya di negeri ini. pada bulan oktober ini banyak sekali orang yang membicarakan tentang cpns, baik itu dari cara pendaftaran cpns, formasi apa saja yang disediakan BKN, serta tingkatan apa saja yang dibuka pada pendaftaran cpns tahun 2018 ini.

Setelah kemarin telah diadakannya beberapa hasil pengumuman seleksi administrasi kementrian-kementrian yang bakal berlanjut hingga tanggal 21 oktober 2018 ini, Pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencoba memberi sedikit kisi-kisi kepada pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 (CPNS 2018) untuk mempersiapkan diri jelang dibukanya tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang akan dilakukan antara 26 Oktober-7 November 2018.

Seperti diketahui, proses pendaftaran CPNS tahun ini telah ditutup pada 15 Oktober 2018. Selanjutnya, pengumuman seleksi administrasi akan diumumkan maksimal 21 Oktober. Melalui Laman Twitter resmi @BKNgoid, disebutkan para pelamar yang telah lulus verifikasi administrasi bakal masuk ke tahapan selanjutnya, yakni tes SKD atau seleksi kompetensi dasar.

Dalam Seleksi Kompetensi Dasar, terdapat tiga aspek yang akan diuji, antara lain Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).  

Yang pertama tes TWK, pelamar akan diuji pengetahuannya tentang nilai-nilai kebangsaan, seperti yang tercantum dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 36 Tahun 2018, antara lain Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, Nasionalisme, Integritas, Bela Negara, Pilar Negara, sampai Bahasa Indonesia. 

Selanjutnya adalah Tes Intelegensia Umum dalam SKD dibuat untuk mengukur seberapa cakap pelamar dalam hal logika, verbal, figural dan analisis, memecahkan masalah dengan inovasi baru, hingga kemampuan numerik.

Nah yang terakhir, Tes Karateristik Pribadi bertujuan melihat kemampuan pelamar CPNS 2018 beradaptasi, bekerja secara tim, kemampuan IT, pelayanan, karakter, integritas, dan kemampuan menahan sebaran hoax dan yang berkaitan dengan Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA).

Lantas bagaimana cara mendapatkan contoh atau kisi-kisi soal CPNS 2018 secara resmi?

BKN menyediakan sebuah laman simulasi untuk mengerjakan soal dengan menggunakan sistem. Para calon peserta dapat mengunjungi laman Simulasi CAT BKN, yang berisi kumpulan soal dari TIU, TWK, hingga TKP. Menariknya, layaknya ujian sebenarnya, laman ini juga dilengkapi dengan sistem skoring. Sehingga, peserta dapat mengukur serta menguji kemampuannya sendiri.



Berikut Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menuju ke halaman simulasi CAT BKN.

2. Lakukan log in dengan memasukkan Email dan juga Password.
3. Masukkan 10 digit kode verifikasi yang dikirim ke email.
4. Log in berhasil, peserta mulai bisa melakukan simulasi CAT-BKN.

Berikut tambahan soal simulasi dari min untuk soal tkd, soal ini buat simulasi saja ya, soal berjumlah 100 butir dengan sebagian sudah mimin lengkapi dengan kunci jawabannya. kalian dapat mendownloadnya disini

Mekanisme pendaftaran sudah dirilis. Itu artinya anda harus mulai mempersiapkan segala hal agar bisa lolos.

Kita tahu, persaingan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang semakin ketat, ada beberapa cara agar lolos seleksi.

Tahapan tes menggunakan computer assisted test (CAT) membutuhkan ketelitian dan kemampuan berpikir peserta. Diketahui, Tes berbasis CAT tersebut meliputi seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Bagi kalian yang akan mengikuti tes CPNS untuk pertama kalinya, pastikan kalian memahami apa itu SKD dan SKB.Standar nilai minimal SKD CPNS 2018 (Kemenpan RB)
Pada seleksi kompetensi dasar atau SKD, peserta akan menjawab soal lewat CAT.

Peserta tidak perlu lagi menjawab soal di kertas dan menghitamkan pilihan jawaban. Hasil tes peserta juga akan langsung bisa diketahui setelah selesai tes.

Peserta yang lulus di tahap seleksi SKD dapat melanjutkan ke tahap seleksi SKB. Seleksi kompetensi bidang meliputi tes kesamaptaan serta tes pengamatan fisik dan keteramapilan (FSK). Nah untuk itu, mengulang-ulang materi contoh soal CPNS dianggap cukup membantu peserta dalam menjawab soal. Mulai dari sekarang mempelajari tentang materi serta cara menjawab dengan cepat soal CPNS 2018.

Adapun nilai lain yang akan diujikan dalam TKP, yakni profesionalisme, semangat berprestasi, orientasi kepada orang lain, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, serta kemauan/kemampuan belajar dan berkelanjutan.

Nah sekian artikel dari mimin kali ini, semoga bermanfaat ya, dan jangan lupa terus giat latihan agar bisa menjawab Soal TKD dengan lancar, hingga ke tahap akhir, terimakasih

0 Response to "Kisi-Kisi Tes SKD CPNS 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel