Cara Mengembalikan Hardisk Yang Terhapus atau Terformat - Jalanucul

Cara Mengembalikan Hardisk Yang Terhapus atau Terformat


Halo sobat jalanucul, kali ini mimin akan membagikan software yang bisa mengembalikan / merecovery data hardisk kamu yang terformat atau terhapus secara tidak sengaja. Salah satu software yang pernah saya coba adalah EaseUS Data Recovery Wizard Free, soalny gratis, namun apabila kamu ingin mengembalikan data dengan jumlah besar dan ingin menggunakan fitur premium kamu bisa mengupgrade dengan cara membeli lisence nya.

Secara garis besar, cara pakainya cuma seperti ini: Pilih jenis file -> Pilih lokasi/storage -> Scan -> Recover file.

Sederhana kan? Nah, software ini juga bisa buat mengambil file dari drive yang terformat, meskipun tetap ada kemungkinan datanya udah rusak/corrupt.

Berikut contoh cara mengambil data yang udah terhapus..

1. Buka Data Recovery Wizard Free



Pertama pilih partisi atau lokasi hardisk yang ingin dipulihkan atau di recovery pilihan, yaitu  Lokal Disk (C), Lokal Disk (D), Lokal Disk (E), ataupun Removable Disk kamu. Misalnya kamu pakai flashdisk juga bisa.

2. Scan


Silakan tunggu sampai proses pencarian selesai, tapi tenang prosesnya bisa dihentikan sementara misalnya kamu mau disuruh emak beli telur dulu di warung.

3. Deep Scan
Fitur ini bisa kamu pakai setelah proses Scan biasa selesai, dengan fitur ini proses pencarian dilakukan lebih dalam sampai per sektor hard disk. Prosesnya lebih lama daripada Quick Scan.

4. Recover



Kalo udah ketemu, cek dulu dengan preview dan kalo emang itu filenya langsung pilih tombol Recover di pojok kanan bawah. pilih lokasi penyimpanan file, seperti gambar dibawah ini kemudian klik tombol recover



Nah simple banget kan? Silahkan didownloadnya bawah ini 

Password : jalanucul.blogspot.com


Hal penting yang harus diingat!
1. SSD punya mekanisme berbeda, ketika kamu mengaktifkan TRIM maka setiap file yang terhapus tidak akan bisa dikembalikan. (referensi: How-to Geek)

2. Untuk kasus HDD yang terformat, lebih baik lepas HDD-nya lalu pasang di komputer lain, jangan install dulu recovery tool-nya di HDD yang sama tapi kalo ga ada opsi lain yaudah gapapa di tempat yang sama.

3. Lakukan data recovery secepat mungkin, usahakan setelah terhapus langsung diambil lagi filenya.

4. Nggak semua file bisa diselamatkan, karena tetap ada kemungkinan file rusak.

Sekian postingan dari mimin kali ini semoga bermanfaat, kalo masih belum jelas ada note di file yang telah di download atau silahkan komentar

0 Response to "Cara Mengembalikan Hardisk Yang Terhapus atau Terformat "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel